Desa Purworejo

Kec. Pasir Sakti
Kab. Lampung Timur - Lampung

Info
Selamat Datang di Smart Village Desa Purworejo Kecamatan Pasir Sakti Lampung Timur - Maju Desanya Cerdas Warganya

Artikel

Tomtomi Ingin ASN Kemenag Alumni Pesantren Dapat Mewarnai Baik di Kantor Maupun di Masyarakat

Administrator

16 April 2022

40 Kali dibuka

Tomtomi Ingin ASN Kemenag Alumni Pesantren Dapat Mewarnai Baik di Kantor Maupun di Masyarakat

27 Januari 2017, 10:59 WIB

 

Lampung Timur (Inmas) --  Kendatipun tidak semua ASN Kemenag Lampung Timur adalah alumni Pesantren namun paling tidak ada banyak alumni Pesantren baik di Sumatera sebut saja misalnya Kepala Kemenag Lampung Timur Drs.H. Tomtomi, M.Ag.adalah alumni Pesantren, Masturi, S.Ag. adalah alumni Pesantren  Manbaul Huda 43 Batanghari Lampung Timur, H. Ali Wijanarko adalah Lulusan Pesantren Darel Qolam Tangerang, H. Kasimun adalah Santri, Khusaini staf Gra Syariah adalah santri sekaligus Kiyai Ponpes Darun Nasyiin Batanghari Nuban, Rahmat Sodri adalah santri, Syamsul Anwa, Solihun staf PAKIS adalah santri pesantren, dengan demikian maka tidaklah berlebihan jika bisa disebut ASN Santri.

Tomtomi selaku Kepala Kemenag Lampung Timur dalam sambutannya sebelum kegiatan khataman Qur’an pada Jum’at (06/01) menyampaikan “ Kita mempunyai kewajiban untuk mengenalkan pesantren pada dunia. Sebab, pesantren merupakan salah satu keistimewaan yang ada di bumi Indonesia. Jauh sebelum adanya sistem pendidikan formal yang saat ini digalakan oleh pemerintah, pesantren telah lebih dulu menancapkan khazanah keilmuan di seantero bumi pertiwi. Oleh sebab itu, dunia pendidikan indonesia patut berterimakasih pada pesantren. Dimana pesantren telah menopang pilar-pilar keilmuan dan menegakan umat berwawasan sebelum sistem pendidikan formal di Indonesia ada.

Orang tua kita zaman dahulu, tidak banyak mengenal pendidikan sekolah. Kebanyakan dari mereka lebih mengenal pendidikan karakter ala pondok pesantren. Hal ini karena selain pesantren lebih dahulu ada, juga karena pesantren tidak pernah menjadi beban terhadap masyarakat. Eksistensi pesantren selalu terbuka bagi masyarakat umum tanpa menekan, tanpa perlu khawatir dengan pergaulan, dan pelajar yang dihasilakan dibina untuk menjadi teladan ketika sudah terjun di masyarakat.

Sehingga sejarah mencatat, kedaulatan Indonesia tidak lepas dari peran serta para ulama, kiyai, santri, dan alumni pondok pesantren. Para pahlawan yang memperjuangkan perlawanan atas penjajah dimulai dari peluit pesantren. Dikala masyarakat dilanda ketimpangan perbudakan, dikala rakyat berhamburan akibat penjajahan,  maka instruksi dari Kiyai selalu menjadi pemersatu untuk mencapai kemerdekaan. Perlawanan selalu bermula dari petunjuk Kiyai.

Berpijak dari hal ini maka maka saya berharap nilai-nilai Pesantren yang ada waktu kita mondok harus dibawa dan diimplementasikan di tempat kerja kita diantaranya kegiatan kegiatan yang baik semacam ini” kata Tomtomi. ( Hasbulah/sry)

 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

JARKASI

Sekretaris Desa

LINDA MAISYAROH, SE

Kaur Umum

EDI SUWANTO

Kasi Pemerintahan

WINASIH,SP.d

Kaur Keuangan

PUPUT PUJIATI

Kasi Kesra

AHMAD SALIS SATURROHMAD

Kasi Pelayanan

WAJIB

Kaur Perencanaan

SULASTRI

Operator Smart Village

MIFTAKHUL JANNAH, S.Si

Kepala Dusun I

SUMARWAN

Kepala Dusun II

BIBIT SUMARTINI

Kepala Dusun III

JOKO SUSILO

Kepala Dusun IV

MUNDHOFIR

Kepala Dusun V

LENIYATI

Kepala Dusun VI

MUHARDI

Kepala Dusun VII

M ZAINURI

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Purworejo

Kecamatan Pasir Sakti, Kabupaten Lampung Timur, Lampung

Statistik Pengunjung

Hari ini:24
Kemarin:40
Total:23.146
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:18.226.185.133
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-5.538946
Longitude:105.785631

Desa Purworejo, Kecamatan Pasir Sakti, Kabupaten Lampung Timur - Lampung

Buka Peta

Wilayah Desa